Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan



manfaat beras merah bagi kesehatan
Harga beras merah lebih malah dari beras putih karena memang beras ini tidak bisa disimpan lama-lama karena cepat basi. Beras merah sangat sulit ditemukan di pasaran karena memang jumlahnya yang sedikit.

Di masa perjuangan dahulu, beras merah menjadi makanan konsumsi para fakir miskin dan manula sehari-hari. Dulu, beras merah merupakan makanan kelas bawah karena belum ada penelitian terkain khasiat dan manfaat beras merah. Rasa nasi beras merah juga kurang enak, tidak pulen, berbau apek dan pera di lidah. Mungkin itulah yang menyebabkan beras ini dulunya jarang dikonsumsi kalangan atas.

Namun seiring berjalannya waktu, beras merah semakin populer bahkan hingga kalangan kelas atas. Beras merah sangat cocok menjadi menu makanan orang-orang yang sedang menjalani program diet sehat. Kandungan serat dalam beras sangatlah tinggi sehingga orang yang mengkonsumsi beras merah tidak akan mudah lapar. Berbeda dengan beras putih yang banyak mengandung gula dan dapat menyebabkan diabetes.

Kandungan dalam beras merah sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa kandungan tersebut antara lain zat antosianin, serat, minyak alami, mineral, vitamin, asam amino dan protein serta karbohidrat.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

1. Untuk Diet

Sudah tidak diragukan lagi, manfaat utama dari beras merah adalah untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah pada beras merah sangat efektif untuk dijadikan menu makanan saat diet. Dan juga butuh proses pencernaan yang cukup lama sehingga tidak mudah lapar.

2. Menguatkan Imunitas Tubuh

Kandungan zat besi dan zinc pada beras merah sangat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh. Ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi pada beras merah maka tubuh tidak mudah terkena penyakit kanker usus, sembelit serta dapat melancarkan BAB.

4. Obat Asma

Kandungan mineral dan kalsium pada beras merah sangat bagus untuk mengatur pola pernafasan. Nafas pun akan jadi lebih ringan sehigga asma yang diderita jadi terobati perlahan.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Sistem saraf pada tubuh akan lebih sehat dengan mengkonsumsi beras merah secara teratur. Kandungan kalium dan kalsium pada beras merah sangat membantu untuk memperkuat otot-otot.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

Ada senyawa kandungan dalam beras yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan memperbaiki pertumbuhan kolesterol baik sehingga pengkonsumsinya tidak akan mudah terkena penyakit jantung.

7. Memperkuat Tulang

Ada sebuah penelitian pada sebuah negara, bahwasanya penduduknya yang sering mengkonsumsi beras merah akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

8. Mencegah Batu Empedu

Dengan serat yang tinggi pada nasi beras merah maka akan mencegah penyakit batu empedu karena makanan ini mudah dicerna oleh tubuh.

Dan masih banyak lagi manfaat beras merah lainnya yang berfungsi untuk menyehatkan badan dan mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit diabetes, mengobati penyakit kencing manis, mencegah penyakit kanker yang membahayakan, makanan sehat ibu hamil, sebagai anti oksidan dan juga bisa dijadikan bubur bayi yang menyehatkan.

Selain berkhasiat untuk kesehatan, beras merah juga memiliki kegunaan untuk kecantikan kulit tubuh. Seperti menghaluskan kulit, menjaga kelembaban kulit dan melakukan peremajaan pada sel kulit mati dengan ampuh dan cepat.

Cara Membuat Makanan Dari Beras Merah

Selain ditanak menjadi nasi yang dapat dikonsumsi sehari-hari, beras merah ini juga bisa dikreasikan menjadi olahan makanan seperti kue dan roti. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggiling beras merah hingga menjadi tepung. Jadi semua makanan yang berbahan tepung, maka juga bisa diolah menggunakan beras merah ini.

Ada juga yang memanfaatkan manfaat pada beras merah ini dengan mengambil air tajin beras merah. Biasanya ini dilakukan oleh para wanita yang menginginkan penampilan yang memukau, karena air tajin pada beras merah ini bisa dikonsumsi dan juga bisa dijadikan masker pada wajah.

Ternyata, yang menurut sebagian besar orang makanan yang tidak nyaman dan kurang pulen serta terasa pera dilidah ini banyak memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit wajah.
Nah, sekarang Anda sudah mengetahui tentang beberapa manfaat beras merah tersebut secara terperinci. Apakah mulai sekarang Anda akan mengganti nasi putih yang dimakan sehari-hari dengan beras merah tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar