Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak Bagi Kesehatan



Biasanya pohon sirsak tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah. Jika buahnya matang biasanya dipetik dan dinikmati menjadi minuman jus segar. Banyak orang yang menyukai akan buah sirsak sebab rasanya memang lezat dan nikmat.

Namun apakah Anda juga tahu bahwasanya dibalik daunnya yang sederhana nan hijau tersebut mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia? Ya, akhir-akhir ini kepopuleran daun sirsak banyak dibicarakan oleh para pakar kesehatan.

Sebenarnya penelitian akan daun sirsak sudah dilakukan sejak tahun 1965 dan menemukan khasiat yang sangat luar biasa. Daun sirsak 1000 kali lebih ampuh dibandingkan kemoterapi jika digunakan untuk obat alami penyembuh penyakit kanker.

Dan juga, zat dan senyawa yang terkandung di dalam daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh dan bahkan bisa membunuhnya. Anda penasaran akan manfaat lainnya dari daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Simak selengkapnya di bawah ini.

Beragam Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengobati diabetes

Para penderita diabetes sangat disarankan mengkosumsi air rebusan daun sirsak sebab bahan alami yang mudah ditemukan di sekitaran rumah kita ini sangat ampuh mengatasi penyakit tersebut.

Cara mengobati penyakit diabetes menggunakan daun sirsak adala dengan mengambil 5 helai daun sirsak dan kemudian bersihkan pada air yang mengalir. Rebus daun sirsak tersebut menggunakan 2 gelas air dan biarkan hingga tersisa satu gelas saja.

Stelah dingin, saring rebusan daun sirsak tersebut dan minum air rebusan tersebut. Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirsak tersebut setiap pagi hari agar diabetes cepat terobati.

2. Menyembuhkan asam urat

Asam urat memang bikin galau para penderitanya. Selain kesusahan saat berjalan dan beraktifitas, penderita asam urat juga tidak diperbolehkan mengkonsumsi jenis makanan tertentu, misalnya yang mengandung kolesterol.

Untuk mengobati penyakit asam urat tersebut maka rebus 4 daun sirsak yang sudah dibersihkan dan sisakan air hingga setengahnya saja. Konsumsi air rebusan tersebut saat sudah dingin.

3. Mengatasi sakit punggung

Cara mengobati orang yang sering mengalami sakit pada punggunggnya dengan daun sirsak adalah ambil 20 daun sirsak dan rebus sampai matang dengan 5 gelas air. Sisakan air rebusan tersebut hingga 2 gelas saja.

Jadikan air rebusan daun sirsak tersebut sebagai minuman sehari-hari agar sakit punggung yang Anda alami bisa reda dan sembuh secara total.

4. Mengobati bisul

Bisul yang tubuh pada kulit memang sangat sulit disembuhkan. Para penderita bisul akan mengalami kesulitan dan jika timbul di area bokong maka penderitanya akan kesulitan saat duduk.

Untuk mengobati bisul tersebut maka ambil 10 helai daun sirsak yang masih muda, lalu lumat dan haluskan dengan cara ditumbuk. Hasil tumbukan daun sirsak yang sudah halus tersebut kemudian ditempelkan pada bisul agar cepat kering dan sembuh.

5. Mengobati penyakit kanker

Nah, yang paling terkenal dari manfaat daun sirsak bagi kesehatan adalah sebagai obat penyembuh penyakit kanker. Dan ini memang sudah terbukti nyata karena sudah banyak para penderita kanker yang sembuh berkat meminum air rebusan daun sirsak.

Caranya adalah rebus 15 daun sirsak yang masih segar dan diamkan hingga tersisa 3 gelas air rebusan. Minum ramuant tersebut setiap hari agar sel kanker tidak berkembang lagi di dalam tubuh.

Selain berfungsi untuk mengobati 5 macam penyakit diatas, khasiat daun sirsak lainnya adalah untuk mengobati penyakit hipertensi, menyehatkan jantung, memperkuat sistem pencernaan, menurunkan peradangan, mengobati cacingan dan yang lain sebagainya.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun sirsak juga memiliki khasiat yang ampuh dalam dunia kecantikan. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin maka kita akan terhindar dari penuaan dini dan tentunya kulit wajah akan halus dan awet muda.

Sungguh manfaat daun sirsak ini sangat luar biasa. Sebab kandungan yang terdapat didalamnya sangat beragam. Beberapa kandungan di dalam daun sirsak antara lain annomuricin, anonol, acetogenins, linoleic acid, muricapentocin dan beraneka ragam senyawa lainnya.

Itulah beberapa kandungan dan manfaat air rebusan daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Jadi saat ini Anda disarankan selalu mengonsumsi air rebusan tersebut setiap hari agar sistem kekebalan tubuh bisa meningkat.

Jangan beri kesempatan kepada penyakit hingga di tubuh kita, karena kesehatan sangatlah penting dan yang nomor satu. Terapkanlah pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar