Cara Menyembuhkan Sakit Maag Secara Alami


Gastritis atau sakit maag merupakan jenis penyakit iritasi pada lambung dan menimbulkan peradangan atau pembengkakan. Rata-rata penderita penyakit yag satu ini hanya mengalami dalam waktu tidak lama alias secara singkat dan menyerang secara tiba-tiba.

Ada banyak sekali penyebab orang mengalami sakit maag. Diantaranya adalah pola hidup tak sehat serta jadwal makan yang tidak teratur.

Nah, untuk kamu yang sering bermasalah dengan asam lambung tersebut maka bisa diobati secara alami. Berikut dibawah ini kami berikan tips apa saja yang dapat dilakukan di rumah untuk mengobati sakit maag agar tidak muncul kembali.

Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami


1. Mengatur waktu makan dengan tepat

Sering telat makan menjadi penyebab utama terjadinya penyakit maag. Dengan pola makan yang tidak teratur ini menjadikan asam lambung sering tidak bekerja dengan baik. Biasanya orang yang tidak bisa mengatur pola makan dengan baik dikarenakan terlalu sibuk dengan aktifitas kerjaan atau orang-orang yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi.

Mereka lupa bahwasanya makanan merupakan kebutuhan utama tubuh yang berfungsi sebagai penambah energi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Terkadang mereka hanya mengkonsumsi makanan 1 kali saja dalam sehari sehingga magg bisa muncul mengganggu.

Oleh karenanya, untuk mengatasi sakit maag tersebut maka atur pola makan pada waktunya dan jangan pernah telat. Usahakan makan sebanyak 3 kali dalam sehari, yaitu sarapan pagi hari, makan siang dan makan malam.

2. Hindari makanan penyebab asam lambung

Penyakit maag sangat berkaitan dengan asam lambung. Jadi sangat disarankan bagi penderita maag untuk menghindari jenis makanan yang dapat meningkatkan asam lambung. Seperti makanan yang mengandung santan, makanan pedas, makanan dengan rasa asam dan makanan berminyak.
Usahakan mengkonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung serat tinggi agar lambung tidak harus bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut.

3. Makan buah alpukat

Cara menyembuhkan sakit maag secara alami juga bisa dengan mengonsumsi buah alpukat. Manfaat buah alpukat bagi kesehatan manusia cukup beragam, salah satunya adalah untuk kesehatan pencernaan.

Di dalam buah alpukat terkandung banyak vitamin dan nutrisi yang berfungsi untuk meredakan sakit maag. Dan bahkan bukan hanya bagian buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi daun pohon alpukat juga sangat ampuh mengatasi sakit maag kronis.

Caranya mengobati maag dengan buah alpukat adalah dengan mengkonsumsi separuh buah alpukat pada saat akan makan. Fungsinya adalah untuk membersihkan kondisi asam lambung.

4. Teh sarang semut papua

Bahan herbal lain yang juga memiliki kemampuan yang cukup efektif untuk mengatasi masalah maag adalah sarang semut papua asli. Ini adalah sejenis tanaman yang menempel pada batang pohon dan hanya ada di daerah Papua Indonesia.

Para pakar kesehatan telah melakukan penelitian dan membuktikan bahwasanya di dalam sarang semut papua terdapat banyak kandungan yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh manusia, khususnya untuk mengatasi beragam jenis kanker. Seperti tannin, polifenol, tokoferol dan flavonoid.

Manfaat lainnya adalah untuk meredakan penyakit maag. Penderita maag bisa mengkonsumsi teh sarang semut secara rutin 3 gelas setiap hari sampai asam lambung benar-benar pulih.

5. Makan kacang hijau

Kacang hijau dipercaya sangat efektif untuk mengobati sakit maag akut. Anda bisa mengolahkan menjadi aneka masakan agar rasanya bisa lebih lezat dan nikmat, seperti memasak menjadi bubur atau minuman sari kacang hijau.

6. Makan buah pisang

Di dalam buah pisang terdapat kandungan gizi penting untuk meredakan sakit maag, yaitu pektin. Pektin ini berfungsi untuk melindungi selaput lendir pada lambung. Sebab jika selaput tersebut terkikis maka dapat membuat perut terasa perih dan sakit.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi buah pisang setiap hari. Khususnya bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk sarapan, makanlah buah pisang sebanyak 1-2 buah agar perut tidak kosong.

7. Daun jambu biji

Tidak hanya buahnya saja yang menyehatkan perncernaan tubuh, tapi daun jambu biji diyakini sangat efektif mengobati sakit maag. Sebab di dalam daun jambu biji ditemukan banyak kandungan yang menyehatkan. Seperti saponin, flavonoid, akaloid, beta karoten dan yang lainnya.

Caranya adalah dengan merebus daun jambu biji secukupnya dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air menjadi separuhnya dan minum saat sudah dingin. Konsumsi air rebusan daun jambu biji tersebut setiap hari secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa tips alami cara mengobati sakit maag agar aktifitas sehari-hari tidak terganggu karena merasakan sakit perih pada perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar