Lokasi, Rute Dan Menyibak Indahnya Gunung Bromo


Gunung Bromo merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia yang berlokasi di Jawa Timur. Namun berbeda dengan gunung lainnya, Bromo memiliki pesona yang begitu indah dan mempesona. Tak pelak membuat kawasan gunung ini selalu dipadati oleh para wisatawan manca negara maupun wisatawan domestik. 

Kecantikan gunung tersebut juga menjadikannya sebagai icon kota Probolinggo. Bentuk tubuh gunung yang menyatu bersama dengan ngarai, lembah berkeliling lautan pasir menjadi pesona tersendiri akan kecantikannya. Lalu seberapa cantik gunung bromo ini? Mari kita lihat lebih dalam lagi pesona gunung tersebut. 

Pesona Gunung Bromo


Gunung unik berketinggian 2.392 meter diatas permukaan air laut ini terletak di kawasan empat kabupaten provinsi Jawa Timur, yakni Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Berada di kawasan tersebut membuat Bromo memiliki letak yang begitu strategis. 

Akses menuju lokasi wisata Bromo Jawa Timur juga begitu mudah, baik itu akses menggunakan angkutan umum serta kendaraan pribadi. Udara sejuk nan dingin, akan menyergap kalian ketika memasuki lokasi. Bila kalian ingin melihat kawah di atas gunung Bromo, tidak perlu menanjak layaknya naik gunung sungguhan. 

Telah tersedia anak tangga berkisar 250 anak tangga yang dapat kalian tapaki agar dapat sampai di puncak gunung. Menikmati sunrise dari sini pasti akan lebih menarik dan begitu indah. Akan tetapi sebelum kalian menuju kesana terlebih dahulu kalian harus berjalan kaki paling tidak 1,5 jam, sebab kendaraan pribadi tidak dapat melalui kawasan padang pasir yang mengelilingi Bromo. 

Untuk mempermudah melewati kawasan padang pasir seluas kurang lebih 5.300 hektar tersebut, kalian dapat menyewa mobil jeep atau menaiki kuda. Sekedar tambahan info sebelum berlibur ke wisata Bromo paling populer, bila kalian ingin menikmati sunrise dengan latar belakang gunung Bromo, ada beberapa kawasan view point yang siap menanti. Salah satu view point yang ramai dan berjarak dekat adalah gunung penanjakan. 

Dari atas gunung tersebut kalian dapat menikmati sunrise berlatar belakang Bromo sekaligus dengan gunung Sumeru beserta gunung lainnya. Melihat cantiknya deretan gunung berselimut awan dilengkapi pemandangan sunrise yang mempesona, membuat liburan kalian semakin sempurna. Kawasan view point tersebut biasanya sudah mulai ramai sejak dini hari, agar tidak ketinggalan sunrise pastinya. Sebaiknya kalian juga mulai menanjak dari jam 3 pagi, agar tidak ketinggalan moment sunrise yang indah tersebut. 

Rute Menuju Gunung Bromo


Seperti yang telah kita bicarakan tadi, gunung aktif ini memiliki kawasan yang strategis. Sehingga kita dapat menemukan banyak rute menuju kawasan tersebut. Berikut ini adalah beberapa rute menuju gunung Bromo dari berbagai kawasan yang dapat dipilih.

  • ·         Malang 


Dari Tumpang menuju ke Gubuk Klakah, dilanjutkan perjalanan menuju Jemplang, Penanjakan kemudian Bromo.

  • ·         Pasuruan 


Dari Wonorejo menuju ke Warungdowo, lanjutkan perjalanan menuju Tosari - Wonokitri barulah Penanjakan kemudian Bromo.

  • ·         Lumajang 


Bila kalian dari Lumajang langsung menuju Senduro kemudian Bromo, lanjutkan perjalanan ke Ranu Pane barulah sampai di Bromo.

  • ·         Probolinggo


Ada dua jalur dari Probolinggo, yang pertama dari Tongas menuju Lumbang, Sukapura, Ngadisari menuju ke Cemoro Lawang dan sampailah ke Bromo. Sedangkan jalur yang kedua diawali dari Ketapang menuju Patalan, Sukapura, Ngadisari dan sampailah ke Cemoro Lawang kemudian Bromo. 

Menjelajah Bromo Dengan Nyaman


Banyaknya akses menuju ke Gunung Bromo memang membuat kita lebih mudah melakukan perjalanan dari mana saja. Namun bila memilih angkutan umum, sudah pasti kita harus berkali-kali berganti angkutan bukan?

Ternyata ada cara menjelajah Bromo dengan nyaman dan menyenangkan. Yakni dengan menggunakan jasa rental atau sewa mobil. Memang ada banyak jasa semacam ini sekarang, tetapi yang memberikan kenyamanan dan fasilitas lengkap hanya akan kalian temukan.

Selain memiliki banyak mobil yang dapat dipilih, cara booking-nya juga sangatlah mudah, dapat booking langsung secara online. Kalian akan diantar berkeliling ke berbagai kawasan wisata seperti wisata Bromo, Bromo Midnight, kota wisata batu, wisata malang, wisata pantai Jawa Timur bahkan hingga Surabaya - Suramadu. 

Setelah membaca ulasan ini pastinya kalian semakin tidak sabar lagi untuk melihat secara langsung kemegahan dan keindahan gunung Bromo bukan? Apalagi setelah mengetahui cara menjelajah Bromo dengan nyaman ber-budget murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar