Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami


Pasangan keluarga yang terikat dalam janji suci pernikahan pastinya nanti akan berharap untuk mendapatkan keturunan. Tapi adakalanya meskipun sudah lama menikah belum juga diberi momongan. Ada banyak faktor penyebab para istri tidak kunjung hamil, seperti rahim yang kurang subur, sel telur yang kurang berkualitas, ada masalah pada organ reproduksi dan ada penyakit yang sedang dialami.

Jika letak permasalahan tak kunjung hamil ini terletak pada masalah kualitas sel telur, maka ada beragam cara yang bisa dilakukan supaya sel telur nantinya lebih berkualitas dan meningkatkan kesuburan rahim. Cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menyuburkan kandungan? Baca artikel ini sampai selesai.

Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami

1. Perbanyak minum air putih

Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh tidak hanya untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh. Lebih dari itu, air putih dapat menghilangkan racun atau zat jahat yang berada dalam tubuh serta memperlancar aliran darah.

Salah satu faktor penyebab organ reproduksi yang kurang subur adalah karena adanya pengentalan darah dan menghambat peredarannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perbanyak minum air putih setiap hari minimal 8 gelas.

2. Lakukan pijatan pada titik otot kesuburan

Cara alami menyuburkan kandungan yang berikutnya adalah dengan melakukan pjatan pada titik atau otot kesuburan. Ini berfungsi untuk merangsang agar rahim mudah dibuahi ketika ada sperma yang masuk. Manfaat pijatan ini juga dapat mengalirkan oksigen ke dalam rahim dengan lancar. Tapi harus diingat, Anda boleh melakukan pijatan ini pada ahli atau pakarnya karena jika salah justru akan merusak organ reproduksi.

3. Rajin berolahraga

Melakukan olahraga dengan teratur bukan hanya berfungsi untuk menjaga berat badan agar ideal, tapi juga dapat menyuburkan kandungan. Manfaat olahraga ialah untuk melancarkan sirkulasi aliran darah dan menjadikan sel telur semakin berkualitas. Lakukan olahraga seperti senam, yoga, lari-lari kecil dan olahraga ringan lainnya.

4. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Manfaat senyawa antioksidan bagi kesehatan dan kesuburan rahim sangat luar biasa. Kesehatan sel telur juga akan semakin baik. Anda bisa mengkonsumsi beragam jenis buah dan sayuran hijau yang banyak mengandung antioksidan.

5. Konsumsi royal jelly

Di dalam royal jelly terdapat kandungan seng dan magnesium yang fungsinya untuk membantu meningkatkan kesuburan kandungan. Dengan minum royal jelly secara teratu juga dapat menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga peluang untuk hamil akan semakin besar.

6. Konsumsi madu

Madu adalah jenis makanan yang sangat banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Manfaat madu untuk kesuburan kandungan sudah tidak perlu diragukan lagi, sebab zat cair ini mengandung nutrisi yang sangat komplit. Tidak hanya baik untuk para wanita saja, tapi madu juga dapat diminum oleh para suami agar kesuburannya juga bertambah dan menjadikan sperma lebih banyak dan berkualitas.

7. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek

Karbohindrat komplek sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain berfungsi untuk menghilangkan lemak di dalam tubuh, senyawa ini juga membantu para bunda yang sedang dalam masa program kehamilan agar cepat sukses.

8. Konsumsi makanan tinggi serat

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan perbanyak mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat. Contohnya adalah sayur brokoli, bayam, jeruk, beras merah, gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan.

9. Perbanyak protein

Asupan protein ke dalam tubuh harus terpenuhi setiap hari. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan kualitas sel telur. Sumber makanan yang kaya akan protein adalah ikan, telur, daging ayam dan kacang-kacangan.

10. Jangan stress

Memiliki beban pikiran dapat menimbulkan stres. Jika terus dipikirkan maka dapat menyebabkan depresi. Stres ini juga dapat mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga wanita yang sering mengalami stres akan sulit hamil.

Saat dalam program kehamilan sebaiknya jangan terlalu memikirkan hal atau masalah agar tidak stres. Rilekskan otak Anda semaksimal mungkin. Anda bisa melakukannya dengan sering liburan, bercengkrama dengan pasangan atau hal lainnya yang dapat menghilangkan stres.

Itulah beberapa cara alami untuk menyuburkan kandungan. Dengan menerapkan pola hidup sehat yang telah disebutkan diatas, maka kita hanya bisa menunggu dan pasrah pada Ilahi. Dan perbanyak doa agar cepat diberikan keturunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar