Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh


Salah satu manfaat wortel dalam dunia kesehatan adalah dapat mencegah penyakit kanker dan beragam penyakit lainnya. Wortel sangat berbeda dengan sayuran lainnya seperti asparagus, sebab sayur wortel ini sudah populer dan mendunia.

Sayuran wortel memiliki ciri khas dengan warna orange dan bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu proses memasak. Dan banyak orang yang lebih senang mengkonsumsi wortel sebagai minuman jus, terutama bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Perlu Anda ketahui bahwasanya warna orange pada wortel tersebut sangatlah bermanfaat dalam dunia kesehatan. Didalamnya terdapat kandungan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan yang akan menjaga sel tubuh dari kerusakan. Tak hanya itu saja, manfaat wortel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah serangan jantung dan baik untuk kesehatan mata.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh


Sebelum memahas tentang manfaat yang terkandung di dalam minuman jus wortel atau wortel yang dimasak, Anda juga harus tau kandungan apa saja yang baik bagi kesehatan tersebut. Dalam wortel ditemukan beberapa kandungan gizi dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya adalah vitamin A, potassium, vitamin K, mangan, vitamin C, thiamin, vitamin B6, folat dan niacin.

Beragam manfaat wortel bagi kesehatan adalah :

1. Untuk kesehatan mata

Kandungan senyawa yang dapat menyehatkan organ penglihatan adalah beta karoten, zeaxanthin dan lutein. Senyawa beta karoten dalam wortel dapat dikonversi menjadi vitamin A yang berguna untuk memperbaiki organ makula sehingga kita akan terhindar dari kebutaan. Dan manfaat lutein dan zeaxanthin dapat memperbaiki sel-sel yang rusak karena faktor usia.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Kandungan antioksidan yang berupa karotenoid dalam wortel dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu saja, antioksidan juga dapat melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Sel kanker tidak akan berkembang dengan baik jika kita sering mengkonsumsi wortel.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Wortel juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah sakit jantung dan stroke. Pemicu kedua jenis penyakit ini adalah karena adanya timbunan kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin maka sistem imun tubuh akan semakin kuat sehingga bisa terhindari dari gangguan kardiovaskular.

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, wortel juga mampu memaksimalkan penyerapan nutrisi yang di dapat dari asupan makanan sehari-hari, sehingga kolesterol baik di dalam tubuh akan semakin meningkat.

4. Mengobati penyakit kanker

Berdasarkan hasil riset yang menyatakan bahwa dalam wortel terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 yang dapat melawan kanker ganas. Senyawa ini juga dapat melawan kanker payudara, kanker rahim dan jenis kanker lainnya.

5. Menyehatkan gigi

Wortel memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah timbulnya lubuang pada gigi. Kandungan riboflavin pada wortel juga dapat membersihkan plak pada gigi.

6. Mempersehat pencernaan

Wortel juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat memperbaiki sistem pencernaan dengan baik. Dan ini tentunya dapat memperbaiki sistem metabolisme secara keseluruhan

7. Mempercepat proses penyembuhan luka

Kandungan beta karoten pada wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata saja, tapi juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Infeksi kulit akibat luka akan mudah kering karena dalam wortel mengandunga asam pantotenat yang cukup tinggi.

8. Mencegah penyakit alzheimer

Manfaat wortel yang berikutnya adalah dapat mencegah timbulnya penyakit alzheimer. Dalam wortel juga terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga dapat memperbaiki gangguan kognitif pada seseorang. Selain itu, kemampuan saraf otak yang lemah juga dapat diperbaiki secara efektif sehingga akan meningkatkan daya ingat.

Kandungan antioksidan akan lebih tinggi jika wortel tersebut dimasak. Tapi tidak ada salahnya juga kalau Anda lebih suka mengkonsumsi wortel yang masih mentah, bagi langsung di makan atau dijadikan minuman jus.

Khusus untuk minuman jus wortel, manfaatnya sangat baik bagi sistem pencernaan serta dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi sebaiknya Anda jangan menambahkan gula pada jus wortel agar khasiatnya lebih optimal.

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat jus wortel yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar