Manfaat Madu Untuk Perawatan Kecantikan Wajah


Madu yang bisa kita dapatkan dengan mudah memberikan beragam manfaat yang sangat banyak, baik untuk kesehatan tubuh atau kecantikan kulit. Bahan alami yang dihasilkan oleh lebah ini sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu sebagai bahan pengobatan herbal dan perawatan alami.

Dan yang pasti, madu tidak memiliki efek samping sedikitpun. Jadi setiap orang boleh menggunakan madu untuk mengambil manfaatnya. Misal mau dijadikan masker untuk meremajakan kulit wajah agar lebih cantik dan awet muda.

Lalu apa saja manfaat madu bagi kecantikan kulit wajah itu? Berikut akan kami paparkan beragam khasiat madu untuk wajah.

Manfaat Madu Bagi Kecantikan


1. Membersihkan wajah

Bagi Anda yang sering memakai produk kecantikan untuk membersihkan kulit wajah dan merasa tidak cocok, maka Anda bisa memakai bahan alami seperti madu. Sifat antiseptik pada madu berfungsi sebagai pembersih alami yang akan mengangkat kotoran dan sel kulit mati dengan efektif.

Caranya adalah dengan mencampur madu dengan sedikit air. Anda bisa menggunakan berulang-ulang setiap hari tanpa harus khawatir akan merusak wajah.

2. Melembabkan wajah

Tekstur kulit wajah yang kering dan kasar bisa diatasi menggunakan madu. Dengan mengoleskan madu pada wajah maka itu akan melembabkan kulit kering. Selain memakai madu murni, Anda juga bisa mencampur madu dengan bahan alami lainnya kemudian oleskan pada wajah.

3. Melembutkan kulit wajah

Sifat alami pada madu juga berfungsi untuk membuat  kulit wajah menjadi semakin lembut. tentunya ini sangat disukai oleh setiap wanita karena dengan madu wajah akan jadi semakin mulus dan halus.

Caranya sangatlah mudah, cukup campur madu dengan air dan gunakan sebagai pembersih wajah secara langsung. Jika dilakukan secara rutin, jelas sangat mungkin wajah akan jadi tampil cantik menawan.

4. Mengatasi jerawat

Salah satu manfaat penting madu bagi perawatan wajah adalah untuk menghilangkan jerawat hingga ke bekas-bekasnya. Kita tau sendiri jika jerawat memang sangat sulit dihilangkan. Tapi dengan memakai madu maka jerawat tersebut akan mudah diatasi. Caranya adalah :

  • Cara pertama, oleskan madu pada bagian wajah yang terkena jerawat dan biarkan hingga mengering. Kemudian bilas sampai bersih.
  • Cara kedua, Anda bisa mengoleskan madu ke seluruh wajah sebagai masker alami wajah. Setelah kering, bilas wajah menggunakan air hangat.   
  • Cara ketiga, buatlah masker madu yang dicampur dengan bubuk kayu manis dan bubuk kunyit. Kombinasi masker tersebut sangat efektif mengempeskan jerawat.
  • Cara keempat, campur madu dengan air garam dan tambahkan sedikit air hangat. Setelah itu oleskan pada seluruh wajah dan leher secara merata. Setelah 15 menit, basuh wajah menggunakan air hangat.

5. Mengatasi mata panda

Adanya lingkaran hitam di area mata atau juga disebut mata panda juga bisa diatasi dengan memakai madu. Caranya cukup oleskan madu pada area hitam tersebut. Jika sudah kering, bilas wajah. Gunakan secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Cara lainnya adalah dengan mencampur madu dengan minyak almond, lalu aplikasikan kepada mata panda. Anda harus berhati-hati saat mengoleskannya agar tidak mengenai mata.

6. Perawatan bibir

Manfaat madu untuk bibir sangat banyak. Diantaranya adalah untuk mengatasi bibir kering, menyembuhkan bibir pecah-pecah, memerahkan bibir dan mengobati bibir yang kusam.

Anda bisa menggunakan madu sebagai scrub alami bibir agar tampil semakin merah merekah dan lembut. Campurkan madu dengan 1 sendok gula pasir lalu gosokkan pada bibir secara merata. Ini membantu untuk membersihkan sel kulit mati pada bibir sehingga akan semakin tampil sensual.

7. Mencegah penuaan dini

Dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, madu bisa dijadikan bahan alami untuk mencegah penuaan dini. Cara kerjanya adalah dengan menghilangkan kerutan halus dan keriput pada wajah sehingga akan lebih kencang.

8. Meremajakan kulit wajah

Kulit wajah yang tampak kusam itu dikarenakan banyak sel kulit mati yang menumpuk. Untuk meremajakan kulit wajah maka gunakan masker madu sebagai perawatannya. Sel kulit mati pada wajah akan diganti dengan sel kulit baru.

9. Mengecilkan pori-pori kulit

Timbulnya jerawat dan komedo bisa dikarenakan pori-pori kulit yang terlalu besar. Sehingga pori-pori akan mudah tersumbat debu dan kotoran. Untuk mengecilkan pori-pori wajah maka gunakan madu yang dicampur dengan susu bubuk. Oleskan pada wajah sambil memijat wajah dengan lembut dan perlahan.

Itulah beberapa manfaat madu untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Semoga dengan mengaplikasikan madu tersebut, wajah akan tampil lebih cantik dan menawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar