Khasiat Daun Pegagan Bagi Kesehatan


Sebagian dari masyarakat Indonesia sudah ada yang sering mengkonsumsi daun pegagan dengan cara dijadikan lalapan. Rasa daun pegagan bukan hanya lezat dan nikmat dimakan, tapi didalamnya terdapat banyak kandungan senyawa yang diperlukan oleh tubuh.

Tanaman pegagan merupakan tanaman asli dari Asia dan dapat tumbuh di subur di daerah tropis seperti Indonesia. Nama latin dari tanaman pegagan adalah centella asiatica dan sering ditemukan di tanah yang lembab. Manfaat daun pegagan bukan hanya bagus untuk pengobatan penyakit saja, tapi daun pegagan juga dapat mencerdaskan otak

Khasiat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Di bawah ini akan kami rincikan beberapa manfaat daun pegagan untuk kesehatan serta cara mengkonsumsinya. Diantaranya adalah :

1. Mengobati penyakit alzheimer

Daun pegagan sangat baik bagi kesehatan otak. Dengan mengkonsumsi daun pegagan secara rutin dan teratur maka itu akan membantu seseorang untuk meningkatkan daya ingat.

Ada banyak penelitian yang menyatakan bahwasanya senyawa di dalam daun pegagan ini dapat meningkatkan sistem saraf otak sehingga memori dalam otak akan bekerja dengan maksimal.

Diantara khasiat daun pegagan tersebut antara lain adalah dapat memaksimalkan kognitif otak, melindungi sel otak dari racun, menumbuhkan konsentrasi dan membersihkan plak pada otak. Dan tentu semua itu bermanfaat untuk mengatasi penyakit alzheimer.

2. Membantu menghilangkan stres

Daun pegagan memiliki sifat pedatif, artinya senyawa yang terkandung didalamnya menjadi obat penenang yang ampuh. Tentunya ini berkhasiat untuk meredakan stres. Dengan sifat pedatif tersebut, daun pegagan juga membantu mengatasi masalah insomnia.

Kandungan brahmoside dan brahminoside di dalam daun pegagan juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa gelisah. Meskipun relatif aman untuk digunakan sebagai obat penenang dan mencegah insomia, masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi tentang khasiat daun pegagan ini.

3. Anti depresi alami

Daun pegagan juga menjadi sumber asam amino yang mana senyawa ini bermanfaat untuk mengatasi masalah depresi pada seseorang. Ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwasanya daun pegagan sudah teruji secara klinis untuk mengatasi gangguan rasa cemas.

Untuk mengatasi masalah depresi tersebut maka cobalah mengkonsumsi daun pegagan selama 2 bulan. Dan rasakan bahwa stres dan depresi akan reda dengan sendirinya.

4. Mengobati radang persendian

Ada banyak sekali penyebab penyakit radang sendi. Nah, manfaat daun pegagan dengan senyawa analgesiknya berfungsi untuk meredakan radang sendi tersebut. Rasa nyeri akibat radang sendi akan dikurangi.

Cara kerjanya adalah dengan mengatasi penggumpalan darah di dalam tubuh sehingga sirkulasi peredaran darah bisa berjalan dengan lancar. Daun pegagan ini sangat mirip dengan aspirin.

Selain itu, anti oksidan yang terkandung didalamnya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penyakit dapat diobati dengan daun pegagan, seperti penyakit arthritis, rematik dan varises.

5. Menghilangkan strech marks

Strect marks merupakan garis-garis yang timbul pada bagian kulit tubuh. Biasa timbul di bagian paha, perut dan payudara. Untuk menghilangkan strech marks tersebut dibutuhkan zat kolagen yang cukup agar guratan tersebut bisa cepat samar.

Nah, daun pegagan juga sangat kaya akan kandungan kolagen yang mampu mencukupi kebutuhan tubuh. Selain itu, manfaat daun pegagan juga dapat mencegah timbulnya strech marks yang baru.

6. Mempercepat proses penyembuhan luka

Daun pegagan juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan luka. Ada banyak jenis lukan yang bisa disembuhkan dengan ramuan daun pegagan, seperti luka bakar, borok dan sejenisnya.

Daun pegagan dapat meningkatkan kolagen pada kulit sehingga luka akan cepat mengering. Tapi masih sedikit penelitian yang membahas akan manfaat daun pegagan untuk penyembuhkan luka ini.

Cara Aman Mengkonsumsi Daun Pegagan

Dosis yang aman untuk mengkonsumsi ekstrak daun pegagan adalah 30-90 mg setiap harinya. Dan dosis mengkonsumsi daun pegagan yang masih mentah adalah 2-4 gram per hari.

Para wanita yang sedang hamil dan ibu yang lagi menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi daun pegagan karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika sedang hamil maka sebaiknya gunakan daun pegagan untuk obat luar, yaitu dengan cara dioleskan ke bagian tubuh yang bermasalah.

Para penderita penyakit hati dan yang sedang menjalani kemoterapi sebaiknya tidak mengkonsumsi daun pegagan. Itulah sedikit informasi tentang tanaman pegagan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar