Masker Jeruk Nipis Atau Lemon?


Jeruk nipis dan lemon sama-sama mengandung vitamin C yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Lalu mana yang lebih bagus antara jeruk nipis dan jeruk lemon? Silahkan baca artikel ini hingga tuntas.

Baik lemon maupun jeruk nipis sama-sama termasuk dalam jenis buah sitrus. Seperti kita ketahui bersama, bahwasanya buah sitrus tersebut banyak memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Dalam dunia kesehatan, jeruk lemon sering digunakan sebagai bahan herbal untuk mengobati dan mengatasi beragam penyakit. Ada banyak penyakit kronis yang dapat dicegah dengan air perasan buah lemon.

Sementara dalam dunia kecantikan, lemon sering dijadikan masker untuk merawat wajah agar putih, bersih dan bebas jerawat. Lemon biasanya dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya agar khasiatnya lebih maksimal.

Nutrisi Di Dalam Lemon Dan Jeruk Nipis

Ciri dari jeruk nipis adalah berbentuk bulat seperti bola namun ukurannya sangat kecil. Kulitnya berwarna hijau. Sedangkan bentuk lemon sedikit lebih besar dari jeruk nipis dan bentuknya agak lonjong dan bila matang akan berwarna kuning. Selain bentuknya yang berbeda, kedua jenis jeruk ini juga memiliki rasa yang berbeda.

Tapi jika kita melihat sudut pandang nutrisinya, keduanya hampir memiliki kandungan senyawa yang sama. Dimana senyawa yang terdapat di dalam jeruk nipis juga dapat ditemukan di dalam lemon dan bahkan jumlah hampir sama.

Nutrisi yang berbeda dari keduanya adalah jeruk nipis lebih banyak mengandung karbohidrat dan sedangkan jeruk lemon lebih banyak mengandung gula dan lemak serta vitamin C yang lebih banyak.

Merawat Kulit Wajah Dengan Masker Lemon Dan Jeruk Nipis

Karena kandungan gizi dan nutrisi pada keduanya hampir sama, maka khasiat masker lemon dan jeruk nipis hampir menghasilkan yang sama. Beragam permasalahan kulit wajah dapat diatasi dengan menggunakan masker keduanya.

Seperti mengatasi jerawat, menghilangkan kulit berminyak, mencegah komedo, membersihkan bintik hitam di wajah serta menjadikan kulit wajah jadi tampak awet muda. Cara kerjanya adalah dengan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit dengan maksimal.

Kandungan senyawa yang bagus untuk perawatan wajah adalah zat asam alpha hidroksi. Senyawa tersebut memiliki sifat anti bakteri dan astringen yang dapat membersihkan sel kulit mati yang menutupi pori-pori kulit. 

Dan dengan kandungan vitamin C dan flavonoid di dalam jeruk nipis dan lemon dapat meremajakan kulit wajah dengan maksimal. Cara memakai masker tersebut adalah dengan cara mengoleskan pada wajah selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan air.

Cara Membuat Masker Dari Jeruk Nipis Atau Lemon

Setelah mengetahui beragam manfaat jeruk lemon dan jeruk nipis bagi kecantikan wajah, sekarang kita akan membahas tentang cara membuat masker wajah menggunakan salah satu bahan keduanya. 

Cara pertama adalah dengan mencampur air perasan lemon atau jeruk nipis dengan putih telur. Manfaat dari putih telur ini adalah dapat mengencangkan kulit wajah sehingga kerutan dan garis-garis halus akan hilang.

Kemudian cara yang kedua adalah dengan mencampurnya dengan tomat. Buah tomat terlebih dahulu dihaluskan dengan cara diblender dan beri campuran air perasan salah satu keduanya. Ini membuat kulit wajah akan tampak lebih putih dan cerah.

Sebenarnya meskipun air perasan jeruk nipis atau lemon ini tidak campur dengan bahan yang lainnya, secara independen sudah sangat bagus untuk perawatan kecantikan wajah. Anda bisa menggunakan kapas atau cuttom bud untuk mengoleskannya pada wajah.

Dan yang perlu di perhatikan adalah jangan terlalu sering menggunakan masker dari jeruk nipis atau lemon ini karena dapat menyebabkan kulit kering. Oleh karena itu, setelah memakai masker dari kedua bahan ini maka sebaiknya gunakan pelembab wajah agar tidak terlalu kering.

Dan setelah memakain masker ini sebaiknya hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung selama beberapa saat karena dapat menyebabkan kulit serasa terbakar. Itulah sedikit informasi tentang manfaat masker jeruk nipis dan masker lemon bagi wajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar